Pengorbanan Cinta


                Berawal dari pembagian kelas dan pembagian kelompok pada tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Rasya dan Radith nampaknya mulai akrab.
“Rasya!” teriak Radith dari kejauhan.
                “Apa?” Jawab Rasya.
                “Hm, nanti malem ada acara ga?”
                “Nggak ada, emang kenapa?”
                “Kita jalan, yuk?!”
                “Boleh, ke mana?”
                “Ada dehh. Okeh, nanti aku jemput kamu, ya?!”
                “Hmm, iya deh.”
                Kebetulan rumah mereka itu berdekatan, cuma beda 2 RT aja.
                Malam harinya, HP Rasya berbunyi, ada satu inbox dari Radith, berisi Rasya! Aku udah ada di depan rumah kamu ni. Kamu keluar, dong! Belum selesai Rasya membaca sms dari Radith, terdengar bunyi klakson dari arah depan rumahnya. Tak lain dan tak bukan itu adalah suara klakson motor dari Radith. Rasya bergegas mengambil jaket dan segera memakaikan ke tubuhnya lalu menuju ke luar rumah. Tak lupa ia pamit pada papanya.
                “Nunggunya lama, ya? Maaf, ya.” Ucap Rasya.
                “Hahaha, ga juga, kok.”
                “Eh, kita cuma berdua ni? Yang lain mana? Kita mau ke mana, sih?”
                “Hm, yang lain nunggu di basecamp.” Jawab radith singkat.
                “Jadi kita mau ke sana?”
                “Iya, tapi kita mampir dulu, ya. Mau beli cemilan, tadi Ray, Tama, Satya juga nitip minuman.”
                “Oh, oke deh.”
                Rasya naik ke motor Radith, motor yang mereka tumpangi melaju kencang. Mereka berhenti sebentar di sebuah minimarket lalu pergi lagi ke basecamp Radith cs. Kehadiran mereka sangat ditunggu-tunggu Ray, Tama, Satya yang kehausan.
                “Weh! Lama amat sih kalian. Nggak tau orang haus apa?” Tanya Satya.
                “Huh, bawel! Masih untung dibeliin.” Teriak Rasya.
                “Iya nih. Huh! Kalian bisanya Cuma ngomel!” Radith membela Rasya.
                “tau deh, ah. Udah, mana sini titipan kita, haus ni!” Pinta Tama.
                “Ini.” Ucap Rasya seraya menyodorkan kantung plastik berisi minuman dan cemilan yang dibeli.
                “Eh, tau nggak? Masa katanya si Eri suka ama kamu Dith?” ujar Rasya.
                “Apa?! Eri yang cupu itu?!” tanya ketiga temannya.
                “Iya.” Jawab Rasya singkat.
                “Masa sih? Aku nggak tau. Kamu kata siapa?” tanya Radith.
                “Iya, kata si Syafa.” Jawab Rasya polos.
                “Yah, omongan si Dea mana bisa dipercaya? Dia kan tukan gosip.” Ujar Radith.
                “Iya.” Ucap Tama.
                “Ih, tapi mungkin aja kan? Aku juga suka ngeliat dia deketin kamu. Ciiyee.” Ujar Ray.
                “Kalo itu beneran terjadi, apa yang mau kamu lakuin Dith?” tanya Satya.
                Radith hanya bisa menggelengkan kepalanya.
                “Tapi jujur, ya. Aku nggak suka sama dia. Dia itu orangnya sok banget tau.” Ucap Rasya.
                “Ah masa? Tapi iya, eh. Aku juga ga suka ama sikap dia yang kaya gitu. Waktu itu aku kan Kimia sekelompok ama dia. Kan aku ditunjuk jadi ketua ama anak-anak, eh masa dia yang ngatur aku?” ujar Radith.
                “Oh, jadi kamu sebel ya?” tanya Ray.
                “Hahaha, iya, aku tahu! Anak-anak lain juga kan banyak yang sebel ama dia. Hahaha.” Ucap Rasya.
                “Udah ah, ganti topik sih, jangan ngomongin orang, dosa tau!” Radith mengingatkan teman-temannya.
                “Iya.” Jawab keempat temannya.
©©©
Semakin hari Rasya dan Radith nampak semakin akrab. Dan akhir-akhir ini Rasya lagi deket sama Radith, orang paling pinter, cool, ga gaptek di kelas meskipun begitu Radith juga seorang cowok yang alim. Rasya cewek rame yang asyik diajak ngobrol itu juga bisa langsung deket sama teman-teman sekelompoknya Radith.
                “Pagi Rasya!” Sapa Eri.
                “Pagi! Eh, aku mau ngobrol deh ma kamu.” Ucap Rasya.
                “Hm, ngobrolin apa emang? Kayaknya semangat banget?” Tanya Eri.
                “Haha, iya dong. Ehm, memang benar ya kalau kamu itu naksir sama Radith?” tanya Rasya serius.
                “Lho, kok? Ngebahas itu, sih?” Eri mencoba mneglihkan perhatian.
                “Ya nggak apa-apa kan? Aku mau tau langsung dari kamu. Kamu gitu ya sekarang? Main rahasia-rahasiaan sama aku.” Desak Rasya.
                “Hmm, iya deh aku cerita. Iya aku memang suka sama Radith sejak awal kelas X dulu.” Ucap Eri.
                “Wah?! Dari awal kelas X? Udah satu tahun setengah dong?! Keren banget kamu?!” Rasya yang terkejut spontan teriak kencang. 
                “Ih, Rasya! Jangan teriak! Aku kan malu!” Ucap Eri dengan nada sedikit kesal.
                “Hehe, iya, maaf. Aku salut ama kamu.” Puji Rasya.
                “Hmm.. Eh, udah dulu, ya, aku mau piket ini.” Ucap Eri seraya meninggalkan Rasya.
©©©
                Siangnya, Rasya berkumpul bersama Radith cs.
                “Eh, aku bawa roti ni, bikinan aku sendiri lho!” Ucap Rasya seraya membuka kotak bekalnya dan menyodorkan kepada teman-teman.
                “Asyik! Makasih, ya!” Ucap Radith cs.
                “Eh, tau nggak?! Tadi aku udah nanya langsung ama Eri, dan ternyata bener, dia tuh naksir Radith!” ucap Rasya semangat, saking semangatnya ampir setengah teriak.
                “Apa?!” ucap teman-teman lain yang mendengar omongan Rasya tadi.
                “Eh? Iya, Eri suka ama Radith.. Tadi aku tanya langsung ma dia.” Rasya malah menanggapi teman-teman.
                “Cieee cieee Radith. Gimana tuh?” tanya seorang siswa.
                “Ih, aku nggak setuju. Dia kan jelek, cupu, dia juga sok. Nggak ah, aku nggak setuju.” Ucap salah seorang siswa lainnya.
                “Tuhkan?! Aku juga nggak setuju! Ih, berani banget dia naksir kamu. Dia kan dari dulu naksir kamu  dari awal kelas X, hahaha, kasian banget sih dia.” Ujar Rasya.
                “Iya, aku setuju!” Ucap Ray dan Tama serempak.
                Tiiba-tiba Eri dan Nina datang, Eri yang tak sengaja mendengar omongan teman-teman sekelasnya, segera berlari keluar. Nina mencoba mengejarnya.
                “Kalian apa-apan, sih? Rasya! Kamu jangan ngomong seenaknya gitu, deh!” bentak Radith.
                “Radith...” Ucap Rasya lirih.
                “Apa?! Kamu jangan seenaknya gitu, deh Sya! Belum tentu kamu itu lebih baik dari dia!” bentak Radith lagi.
                “Radith, maaf kalau kamu nggak suka.” Rasya meminta maaf.
                “kalau mau minta maaf, sana sama Eri, jangan sama aku! Yang lainnya, bubar!” Ucap Radith.
                “Huh! Kamu jahat! Buat apa aku minta maaf sama dia! Itu kan kenyataan.” Rasya berlari ke luar kelas, dia berhenti di koridor, lalu menangis.
                “Radith! Hm, aku mau ngomong sama kamu, sebenarnya Rasya suka sama kamu, jadi mungkin... kamu ngerti kan? Maafin Rasya, ya.”  Ucap Shafa sahabat Rasya pelan pada Radith. Syafa segera menyusul Rasya untuk menenangkannya.
                Apa? Rasya suka sama aku? Jadi dia ngejelek-jelekin Eri di depan aku biar aku nggak suka sama dia? Tapi yang Rasya lakuin salah. Ya Ampun, gara-gara aku Rasya jadi ngomongin Eri ke teman-teman sekelas? Apa yang harus aku lakuin?
©©©
                Malam harinya Rasya mengirim pesan Radith, maafin aku. Aku nggak bermaksud gitu. Sekai lagi maaf. Kita masih  bisa temenan kan? Aku akan ngelakuin apa aja supaya kamu maafin aku. Segera ia mengirim pesan itu kepada Radith.
                Tiba-tiba ada sebuah pesan masuk di HP Rasya, itu pesan balasan dari Radith. Iya, nggak ada yang perlu dimaafin kok. Aku Cuma nggak suka aja kamu ngejelek-jelekin orang gitu. Dosa. Tenang aja, kita tetap temenan ko :D
                Rasya melonjak kegirangan, ia segera membalas pesan tersebut, thanks ya :D
©©©
                Radith dan Rasya pun tetap menjadi teman. Setelah kejadian itu, Radith dan Rasya semakin dekat. Hampir tiap malam mereka ketemuan. Alasannya macam-macam, entah karena ingin mengerjakan tugas, atau hanya sekedar ingin bermain-main. Dan paranhya, mereka main hingga larut malam. Dan tanpa Radith sadari, papanya selalu memperhatikan dia yang suka pulang malam. Papanya tidak suka dengan itu.
Hingga suatu hari, Rasya main ke rumah Radith dengan maksud ingin mengerjakan tugas.
                “Radith!” teiak papanya.
                “Iya, Pa? Ada apa?” Tanyanya.
                “Masuk kamu!!!” bentak papa.
                “Tapi Pa, aku mau ngerjain tugas bareng Rasya.” Ujar Radith.
                “Masuk!!! Berani kamu ngelawan Papa?!” bentak papa.
                “Iya Pa.” Radith menuruti papa, ia segera masuk ke dalam rumah.
                “Kamu! Kamu itu perempuan macam apa?! Kamu membuat anak saya berani menentang saya. Kamu membawa pengaruh buruk buat anak saya! Dan sebaiknya kamu menjauhi anak saya!” bentak papa Radith.
                “Tapi Pa... Saya minta maaf kalau saya membawa pengaruh buruk buat Radith. Tapi asal Bapak tau, di sekolah Radith itu selalu murung. Dia selalu merasa tertekan. Dan satu lagi, Dia itu punya penyakit asma.” Ujar Rasya.
                “Alah! Tau apa kamu tentang anak saya! Anak saya itu baik-baik saja! Saya itu lebih tau dia dibanding kamu! Lebih baik kamu cepat pergi dari rumah saya!” bentak papa Radith lagi.
                Kali ini Rasya menuruti perkataan papa Radith. Dia segera keluar dari rumah itu dan melaju dengan motor beat miliknya. Di jalan, tak terasa perlahan tetesan-tetesan air keluar dari matanya dan mengalir membasahi pipinya.
©©©
                Di rumah Radith. “Pa, maksud Papa ngomong gitu ke Rasya itu apa?” tanya Radith.
                “Dia itu nggak pantes jadi teman kamu! Dia itu bikin kamu lupa sama semua tugas kamu!” bentak papa.
                “Tapi Pa, Rasya itu benar! Kalau akhir-akhir ini aku berubah ya itu karena aku nggak kuat sama sikap Papa! Semua aturan Papa!” Radith emosi.
                “Tuh kan! Kamu jadi berani bentak Papa, itu pasti karena kamu bergaul sama dia! Mulai sekarang, kamu harus jauhi dia!” 
                “Stop, Pa! Jangan ngejatuhin dia di depan aku. Aku akan nurut sama Papa, tapi Papa jangan kaya gitu lagi sama dia.” Ujar Radith.
                “Kenapa kamu?! Kamu suka sama dia?!” tanya Papa.
                “Nggak. Aku nggak suka aja Papa jelek-jelekin orang di depan aku. Papa sendiri yang ngajarin aku untuk nggak jelek-jelekin orang.” Ujar radith.
                “Kamu?! Kamu berani membalik-balikkan?! Benar Papa pernah berkata seperti itu. Tapi ini lain! Ini fakta! Buktinya semenjak kamu bergaul dengan dia, kamu jadi suka kesiangan berangkat sekolah. Dan kamu sekarang berani membentak Papa!” Bentak Papa lagi.
                “Pa, masalah asma itu benar. Papa gatau kan?! Dia lebih tau aku dibanding Papa yang Papa aku sendiri. Papa selalu maksa aku. Pa, aku punya pilihan. Dan aku mau jadi diri aku sendiri. Bukan Radith yang kaya robot bisa diatur-atur oleh Papa!” Ujar Radith seraya meninggalkan Papanya dan berlari ke dalam kamarnya.
                Papa hanya bisa terdiam. Mama Radith kemudian datang menghampiri dan mencoba menenangkan. “Papa, papa nggak seharusnya seperti itu sama Radith. Radith itu sudah dewasa, dia bisa menentukan mana yang baik buat dia dan mana yang buruk. Benar kata dia, dia itu punya pilihan.”
                “Jadi sekarang Mama ngebelain dia?!” Ucap papa.
                “Maksud Mama bukan gitu, bukan nggak menghargai Papa sebagai kepala keluarga. Hm, masalah asma itu memang benar. Waktu itu Papa lagi di luar kota. Dia ijin pulang dari sekolah dan diantar sama Rasya itu. Rasya yang bilang sama Mama kalau Radith mengidap asma dan itu disertai dengan surat dari dokter. Jadi Mama minta, Papa kasih Radith kesempatan untuk melakukan hal yang dia mau tanpa paksaan dari Papa.” Ujar mama.
                Papa hanya bisa terdiam. Ia merenung. Ucapan Rasya, Radith, dan Mama terngiang di telinganya. Ia tak percaya dengan apa yang telah terjadi pada keluarganya hari ini. Sungguh dalam hatinya ia berterima kasih pada Rasya yang telah menyadarkannya. Ia sangat menyesal dan ingin meminta maaf. Namun egonya masih terlalu tinggi untuk melakukan itu.
©©©
                “Radith, bangun!” teriak Mama. Namun tidak ada jawaban. “Radith!” teriak mama lagi. Namun masih tetap sama, tidak ada jawaban. Mama yang kesal akhirnya menghampiri kamar Radith. “Radith! Bangun, sayang, sudah siang!” Masih tidak ada jawaban. Mama yang melihat pintu kamar Radith tidak terkunci, segera masuk. “Ya Ampun! Radith!” Mama terkejut melihat keadaan anaknya. Ia segera menghampirinya. “Suhu badan kamu tinggi. Kita ke dokter, ya?!”
                “Nggak usah Ma, Radith Cuma sesak ma, Radith nggak kuat napas..” Ucap Radith.
                “Sesak Cuma?! Pakai ini!” Ucap mama seraya memberi inhaler (obat hirup). “Sebaiknya hari ini kamu jangan masuk sekolah dulu. Kamu istirahat saja dulu.”
                “Papa mana Ma?” Ujar Radith.
                “ Hm.. Papa kamu sudah berangkat dari pagi Dith.” Ucap mama.
                “Huh! Papa kerja terus! Papa nggak pernah merhatiin aku! Aku kesel mah, aku capek diatur-atur sama Papa.” Keluh Radith.
                “Sayang, dia kerja keras seharian banting tulang kan, buat kita juga, buat kamu, adik-adik kamu. Dia nggak bermaksud gitu sama kamu. Dia pingin yang terbaik buat anak-anaknya.” Ujar mama.
                “Iya, aku tau Ma. Tapi kan ada saatnya juga aku ngelakuin apa yang mau aku lakuin.” Ucap Radith.
                “Iya, maafin Papa, ya. Hm, Mama mau tanya, Rasya itu, sepertinya suka sama kamu?” tanya mama.
                “Mama? Hm, kata Shafa sih gitu, Ma. Aku harus gimana, Ma?”
                “Hm kalau kata Mama, dia itu baik. Ya terserah kamu, kan kamu yang ngerasain, kalau kamu suka sama dia, kamu sayang sama dia, kamu kejar dia. Tapi kalau kamu nggak suka, kamu bilang baik-baik sama dia.” Ujar mama bijak.
                “Hmm aku nggak tau sama perasaan aku, Ma.” Ucap Radith.
©©©
                Paginya di sekolah. “Rasya, kamu kenapa? Kok muka kamu sembab begitu? Semalam kamu habis nangis?” tanya Shafa.
                “Nggak, kok, Fa, kamu tenang aja, kalau ada apa-apa aku juga cerita kok ke kamu.” Ucap Rasya seraya tersenyum.
                “Aku itu sahabat kamu, aku tahu kalau kamu tuh ada apa-apa. Hm, oke deh kalau kamu nggak mau cerita. Aku nggak akan maksa.”
                “Makasih ya Fa, kamu udah merhatiin aku.”
                “Iya, sama-sama. Eh, katanya Radith sakit?”
                “Apa?!”
                “Kamu nggak tahu?! Penyakitnya kambuh?”
                Rasya hanya menggelengkan kepalanya. “Fa, mungkin ini karena kejadian semalam.”
                “Memang semalam kalian kenapa?”
                “Papanya Radith marah dan Radith dilarang bergaul sama aku, Fa! Aku bawa dampak buruk buat dia! Aku tuh jahat, Fa!” Emosi Rasya meluap-luap.
                “Tenang, Sya. Itu nggak benar, itu bukan karena kamu. Dulu waktu di awal semester 3 ini, kamu lihat, dia selalu murung, kan? Terus coba kamu inget, waktu kamu deketin dia, kamu hibur dia, dia jadi suka senyum, Sya. Inget! Itu tandanya kamu udah ngelakuin hal yang benar.” Ujar Syafa berusaha menenangkan Rasya seraya mengusap air mata sahabatnya.
                 “Makasih, Fa. Kamu memang sahabat aku yang paling baik.” Ucap Rasya.
                “Iya, sekarang kamu maunya gimana? Kamu mau jenguk dia?”
                “Nggak mungkin Shafa. Kalau Papanya tau pasti dia bakal dimarahin lagi. Hm, gimana kalau kamu yang jenguk dia? Mau, ya Fa? Demi aku?”
                “Kamu yakin nggak mau ikut?”
                Rasya hanya mengangguk. Dia ingin sekali menjenguk Radith, namun ia takut, jika ia bertemu dengan Radith, masalahanya akan semakin panjang.
©©©
                Sepulang sekolah, teman-teman sekelas Radith menjenguknya. Hampir semuanya ikut menjenguk, kecuali Rasya.
                “Permisi!” Ucap Rama, Tama, dan Satya.
                “Iya. Silahkan masuk! Masuk aja, Radith ada di kamarnya.” Ucap Papa Radith yang hari ini sengaja pulang lebih awal karena Radith sakit.
                “Radith!!!” sapa Ray, Tama, dan Satya serta beberapa anak lainnya.
                “Kaliannn! Makasih udah mau jenguk.” Ucap Radith. Namun muka Radith nampak begitu kecewa karena seseorang yang sangat diharapkannya tidak nampak.
                “Hm, gila, ga ketemu kamu berapa jam aja, kangen banget aku.” Ucap Tama.
                ”Ah, alay kamu!” Teriak Satya.
                “Udah, udah, jangan teriak-teriak. Aku juga kangen kalian.” Ucap Radith.
                Setelah berbincang-bincang, anak-anak yang lain segera pulang, tapi tidak dengan Ray, Tama, Satya, dan Shafa. Kini hanya ada Shafa dan Radith saja di kamar.
                “Kamu kenapa, Dith? Kamu nyari Rasya, ya?” tanya Shafa seakan tahu maksud Radith.
                “Iya, dia ke mana, ya?”
                “Hm, dia nggak ikut. Dia bilang dia pingin banget jenguk kamu, tapi dia takut.. Dia bilang, semoga kamu lekas sembuh.”
                “Semua gara-gara Papa. Hm, tolong bilangin ke dia, aku atas nama Papa minta maaf, ya. Bilangin juga makasih untuk doanya.”
                Tiba-tiba mama masuk, “Maaf, Mama ngganggu kalian. Cuma Mama mau bilang, yang kamu lakuin itu, sudah tepat Dith. Rasya itu baik. Dan Mama rasa, dia itu gadis pemberani. Meskipun kemarin dia dicacimaki sama Papa, dia tetap datang hari ini untuk menjenguk kamu.”
                “Mm.. maksud Mama?” Tanya Radith.
                “Iya, Rasya baru saja datang, dia ada di depan sedang ngobrol sama Papa. Papa juga sudah minta maaf sama Rasya.” Ujar Mama.
                “Benar Ma?” Tanya Radith tak percaya.
                “Iya.” Tiba-tiba Papa masuk ke kamar Radith dan Rasya muncul dari arah belakang Papanya.
                “Rasya?!” Radith dan Shafa terkejut.
                “Iya, Rasya, maafkan Bapak, ya. Kemarin Bapak berkata terlalu kasar.”
                “Iya, Pak. Maafkan saya juga karena telah lancang berbicara.”
                “Dan, Radith, maafkan Papa kalau selama ini Papa terlalu mengatur kamu. Sekarang kamu bebas.”
                “Yang bener, Pa? Makasih, ya Pa.” Ucap Radith girang.
                Papa, Mama, dan Shafa segera keluar dari kamar, seakan mengerti apa yang Radith rasakan.
                “Rasya, makasih, ya. Ini semua berkat kamu. Kamu betul-betul cewek pemberani.”
                “Iya, sama-sama.”
                “Hm.. Yang Shafa bilang itu.. bener, ya?”
                “??? Memangnya Shafa bilang apa? Aku nggak ngerti.”
                “Katanya kamu suka sama aku? Makannya kamu nggak suka kalo Eri...”
                Argh Shafa!” “Mmm.. “
                “Hahaha, muka kamu merah. Aku udah tahu dari dulu kali, hahaha. Maafin aku, aku butuh waktu lama untuk meyakinkan perasaan aku. Dan sekarang, aku udah yakin, kalau aku juga sayang sama kamu. Karena kamu juga hidup aku jadi berubah. Makasih banyak.”
                “Aduh, jadi malu! Aku juga sayang banget ama kamu.”
                “Jadi, sekarang, kita???”
                “hihi.. Iya.”
                Baru saja mereka ingin berpelukan, tiba-tiba Papa datang. “Khm! Khm! Papa memang sudah mengijinkan kalian untuk pacaran, tapi nggak buat ini.”
                “Aaarrggh, Papa.” Ucap Radith malu.
                Papa, Rasya, dan Radith tertawa bersama.
T H E    E N D

Comments

Popular posts from this blog

Antara Cinema 21, XXI, dan CGV, Pilih mana?

Pertemuan Kedua

Kamu: Kenangan tentang Luka dan Cinta