Antara Cinema 21, XXI, dan CGV, Pilih mana?

Pada postingan sebelumnya, menceritakan betapa galaunya aku saat mau nonton Pirates of The Caribbean 5. Dua hal utama yang jadi pertimbanganku adalah nonton yang biasa (2D) atau yang versi 3D dan paling enak nonton dimana. 

Yang pertama, pilih nonton yang 2D atau 3D? 
Seberapa jauh sih perbedaan rasa kenyamanan saat menonton 2D dan 3D, seberapa jauh tingkat kepuasan saat nonton versi 3D, dan semacamnya. Jujur, aku belum pernah nonton film 3D di bioskop. Paling juga nonton 3D atau 4D di wahana taman rekreasi seperti Dufan, Rita Park, dan taman rekreasi lainnya. Pengalamanku saat nonton 3D dan 4D di wahana-wahana tersebut adalah seru dan pusing. Seru, karena aku seperti terlibat masuk ke dalam tayangan tersebut, tetapi juga pusing. Yang aku tahu saat menonton tayangan 3D, kita akan menggunakan sebuah kacamata khusus, selain itu ketika kepala kita bergerak, maka gambar di layar pun akan bergerak dan berbayang (?) 

Yang kedua, Paling enak nonton dimana sih?
Hmm.. ini kasusnya di daerahku, Cirebon, ya. Di Cirebon ini ada 3 bioskop, yaitu cinema 21, XXI, dan CGV. Ketiga bioskop ini menawarkan harga tiket yang mirip-mirip, namun tentu berbeda pelayanannya. Baik dari segi alat-alat pendukung pertunjukan film, dan fasilitas yang disediakan. Nah, apa aja sih bedanya? Berikut sedikit penjelasan mengenai ketiganya serta beberapa fasilitasnya.

1. Cinema 21

Cinema 21 merupakan salah satu jaringan Cineplex 21 Group. Cinema 21 memiliki jaringan bioskop terbanyak yang tersebar di seluruh Nusantara sebelum Cinema XXI berdiri. Bisa dibilang Cinema 21 itu pendahulunya cinema XXI, bahkan di Cirebon sendiri, Cinema 21 merupakan bioskop pertama yang ada. Dulu ada 2 bioskop Cinema 21, Cirebon Mall (Hero) dan Grage Mall. Namun Cinema 21 Cirebon Mall sudah ditutup sejak lama. 

Sebagai bioskop pertama yang ada di Cirebon, tentunya Cinema 21 banyak memiliki pengunjung. Hal ini dikarenakan lokasi Grage Mall yang sangat strategis dan mudah diakses oleh angkutan umum. Selain itu, tiketnya pun cukup terjangkau di kantong para pelajar (dulu masih kisaran Rp. 25.000- sampai Rp. 35.000,-). Seiring berjalannya waktu, Cinema 21 terus melakukan perbaikan-perbaikan, di antaranya merubah penampilan lobby menjadi lebih modern. Tak heran, harga tiketnya pun mengalami kenaikan sebesar Rp. 5.000,- menjadi kisaran Rp. 30.000,- sampai Rp. 40.000,-). Berikut penampakan Cinema 21 Grage Mall:

Cinema 21 yang berlokasi di Grage Mall Cirebon
Cinema 21 Grage Mall ini agak berbeda dari Cinema XX1 CSB dan CGV GCM. Cinema 21 Grage Mall tidak mempunyai ruangan khusus seperti dua bioskop lainnya di Cirebon. Letak lobby-nya begitu minimalis hanya bertempat di lorong koridor, sehingga pengunjung mall bisa bebas berlalu-lalang (tidak semua yang pengunjung yang lewat adalah pengunjung bioskop). 

Adapun untuk film yang ditayangkan di Cinema 21 ini didominasi oleh film-film Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan ada juga film Hollywood yang ditayangkan di sini. 

2. Cinema XXI

Seperti yang telah disebutkan, Cinema XXI ini masih satu jaringan dengan Cinema 21, yakni berada dibawah naungan Cineplex 21. Di Cirebon, Cinema XXI berlokasi di CSB (Cirebon Super Blok) Mall. CSB sendiri merupakan Mall terbesar setelah Grage Mall. Seperti konsep CSB Mall yang terkesan "wah", maka Cinema XXI CSB pun tampak seperti untuk kalangan menengah ke atas. 

Cinema XXI CSB Mall (Cirebon)

Cinema XXI CSB ini menyediakan 7 studio reguler. Selain itu disediakan ruangan tunggu yang nyaman dan luas. Pengunjung bisa memesan makanan - minuman dan mengobrol selagi menunggu waktu pertunjukan. Harga tiket Cinema XXI sekitar Rp. 35.000,- sampai Rp. 45.000,-. Harga tiket untuk pertunjukan film 3D sama dengan harga film 2D. 

Cinema XXI menggunakan Dolby 3D untuk pertunjukan film 3Dnya. Dolby 3D merupakan teknologi terbaru untuk integrasi berformat 3D. Teknologi Dolby 3D menggunakan polarisasi 3 warna yang terlihat dari kacamatanya (merah, hijau, dan hitam) yang menggunakan lensa khusus sehingga harganya lebih mahal. Karena harganya yang mahal, lensa ini dipasang chip anti pencurian sehingga lensa terasa berat di telinga. 

Adapun untuk film-film yang ditayangkan di Cinema XXI CSB adalah film Hollywood dan film Indonesia. Namun film hollywood lebih mendominasi. 

3. CGV Cinemas

CGV Cinemas sebelumnya memiliki nama blitzmegaplex dan CGV Blitz. CGV Cinemas merupakan salah satu jaringan bioskop di Indonesia yang menawarkan konsep baru untuk memberikan pengalaman yang berbeda saat menonton film. CGV merupakan bioskop yang masih terbilang baru di Cirebon. CGV berlokasi di GCM (Grage City Mall) dimana masih satu jaringan dengan Grage Mall. GCM sendiri merupakan mall baru di kawasan Cirebon timur dengan konsep yang juga berbeda dengan Grage Mall maupun CSB. Sedikit disayangkan, akses angkutan umum menuju GCM ini agak susah.

Tampilan CGV GCM ini tidak jauh berbeda dengan CGV Cinemas di kota-kota lainnya. CGV GCM menyediakan 7 studio reguler, (hampir sama seperti Cinema XXI CSB, hanya ada tambahan pilihan fasilitas kursi "sweetbox"). CGV juga menyediakan ruangan tunggu yang nyaman dan luas. Berbeda dengan interior XXI yang terkesan glamour dengan karpet dan sofanya, CGV ini lebih bertema Eropa vintage.

CGV Cinemas di GCM, Cirebon.
Untuk harga tiketnya kisaran Rp. 30.000,- sampai Rp. 40.000,- untuk single kursi reguler, dan Rp. 60.000 sampai Rp. 90.000,- untuk kursi sweetbox. Tidak seperti Cinema XXI CSB yang memasang tarif sama pada pertunjukan 2D dan 3Dnya, CGV memasang tarif yang berbeda yakni harga tiket single kursi reguler + Rp. 5.000,- sehingga menjadi kisaran Rp. 35.000,- sampai Rp. 45.000,-

CGV menggunakan teknologi RealD 3D pada pertunjukan 3Dnya. RealD 3D merupakan teater yang dibuat dengan menggunakan layar berwarna perak (silver screen) dan stereoskopik dan kacama 3D yang digunakan menggunakan proyeksi gelombang berputar (circular polarized) sehingga memungkinkan kepala penonton bergerak bebas saat menyaksikan film dalam format 3D. Teknologi RealD 3D lebih menciptakan efek gambar yang masuk ke dalam layar, bukan seolah-olah muncul di depan layar. 

Ya, CGV benar-benar menawarkan konsep baru di dunia perbioskopan (?). Pasalnya CGV tidak hanya menawarkan film Indonesia dan film Hollywood saja, namun juga menayangkan film dari berbagai kawasan Asia seperti Korea, Jepang, dan Thailand. Ini nih yang bikin aku senang saat CGV hadir di Cirebon. Karena CGV kerap kali menayangkan anime movie ^^

XXX

Akhirnya aku memutuskan untuk menonton film Pirates of The Caribbean 5 di CGV. 

Comments

  1. Pasang KODE REFFERAL : bLM077
    Dana (dompet digital)...di play store.
    Dapatkan penghasilan Jutaan.
    tanpa modal....cukup hp android saja.
    begitu berhasil anda langsung mendapatkan Rp 25000.
    diskon makan di Kentuky fried chicken 50%
    diskon makan di bakmi GM 50%
    diskon nonton di XXI 50%

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"Salazar's Revenge" atau "Dead Man Tell No Tales"???