Socrates

Dulu di zamannya Socrates, Socrates adalah orang bijak yang hanya berjalan-jalan di alun-alun Athena, yang kerjaannya cuma nanya mulu sama orang-orang di sana. Yang unik dari Socrates adalah dia seorang filsuf yang nggak pernah nulis satu kalimat pun.

Salah satu kalimatnya yang terkenal adalah 'Orang yang paling bijaksana adalah orang yang mengetahui dirinya tidak tahu'. Socrates bertanya untuk berdiskusi karena dia nggak pernah mau bersikap menggurui orang lain. Dia selalu berlagak bodoh, berlagak nggak tau, untuk tau semuanya. Tapi hebatnya, lewat diskusi itu orang-orang menjadi tau kehebatan Socrates. Bahkan kadang-kadang menyadarkan orang tersebut secara halus, tidak seperti menggurui. Socrates tidak pernah memandang orang lain lebih rendah dari dirinya, begitupun dia nggak mau dipandang lebih rendah dari orang lain.

Jadi waktu itu setiap orang di Athena mengaguminya karena ia bertanya ke siapa aja, bahkan kepada seorang budak sekalipun karena Socrates percaya kalo setiap manusia punya yang namanya akal. Tingkahnya inilah yang mebuat Athena terkaget-kaget. Seorang ahli filsafat yang mau bergaul dengan seorang budak, waktu itu budak tidak dianggap manusia. Socrates selalu bertindak atas nuraninya, dia pernah bilang bahwa orang yang mengetahui apa yang baik akan selalu berbuat baik.

Comments

Popular posts from this blog

Antara Cinema 21, XXI, dan CGV, Pilih mana?

Pertemuan Kedua

Kamu: Kenangan tentang Luka dan Cinta